Apa Itu Duplikat Konten dan Apa Pengaruhnya Untuk Website Anda?

Jika anda seorang blogger saya yakin anda sudah pernah mendengar sebelumnya tentang apa itu duplikat konten. Namun jika belum pun tidak ada masalah. Kita akan bahas Apa sebenarnya Duplikat konten itu? Dan apa pengaruhnya terhadap posisi blog atau website anda di mata search engine seperti Google? Apakah blog anda bisa memdapatkan Google Pinalty jika memiliki duplikat konten?

Apa itu Duplikat Konten dan Apa Pengaruhnya Terhadap Posisi Blog
Duplikat Konten, adalah salah satu Teknik menambah Konten website yng berpotensi merusak usaha anda selama ini untuk bisa menguasai halaman pertama search engine.

Apa itu Duplikat Konten?

Duplikat konten adalah Konten yang muncul atau tampil beberapa kali dibeberapa tempat yang berbeda, apakah postingan atau halaman statis di dalam website atau blog anda.

Konten Duplikat biasanya muncul dengan URL yang berbeda dan bahkan dengan domain yang berbeda. Duplikat konten kebanyakan muncul karena ketidaksengajaan atau karena pembuatan atau implementasi sub pembahasan.

Singkatnya, menurut YOAST, blog atau website anda bisa saja muncul dengan penulisan www saja, atau bahkan HTTP dan HTTPS sekaligus. Hal ini sungguh suatu hal yang berbahaya. Jika hal itu terjadi, maka konten duplikat anda terjadi di mana-mana.

Apa pengertian duplikat Konten Menurut Google?

“Duplicate content generally refers to substantive blocks of content within or across domains that either completely match other content or are appreciably similar. Mostly, this is not deceptive in origin.”

“Konten duplikat umumnya mengacu pada blok konten substantif di dalam atau di seluruh domain yang benar-benar cocok dengan konten lain atau sangat mirip. Sebagian besar, seakan-akan seperti artikel yang asli. ”

Hal yang harus anda garis bawahi sebagai seorang blogger atau pemilik website adalah pada kalimat terakhir. Jika anda sering melakukan Scrap Konten, posting ulang artikel orang lain, atau sering melakukan spin artikel – dimana Google menyebutnya Copied Content- yang mencoba menipu search engine untuk mendapatkan ranking yang tinggi maka anda berada dalam situasi yang kurang baik.

Menurut Google, hal ini disebut sebagai Malicious yang bisa menyebabkan tindakan google:

“Duplicate content on a site is not grounds for action on that site unless it appears that the intent of the duplicate content is to be deceptive and manipulate search engine results”

“Konten Duplikat di sebuah website atau blog bukanlah alasan untuk bertindak kecuali muncul maksud dari konten duplikat itu untuk menipu dan memanipulasi hasil pencarian search engine

Nah, apa yang harus anda lakukan jika menemukan konten yang duplikat ini? Atau bagaimana anda tahu kalau website anda memiliki duplikat konten?
Tunggu artikel selanjutnya mengenai bagaimana cara mengetahui website anda memiliki Konten duplikat dan bagaimana solusinya.